Persiapan Operasi Caesar

Bila sudah mengetahui dengan penuh kesadaran bahwa dalam kondisi hamil, maka sebaiknya setiap perempuan mencari ilmu berkaitan dengan kehamilan dan segala kemungkinannya, salah satu hal yang sangat penting bila dilihat dari potensi kejadian traumatis, adalah Operasi Caesar. Adanya persipan setidaknya membuat kita akan secara sadar mengetahui apa yang akan kita lewati, bagaimana sebaiknya saat ada dalam kondisi tertentu, dan hal apa saja yang sebaiknya kita lakukan dan tidak lakukan setelahnya.

Maka setiap yang hamil harus mempersiapkan :

1. Mental

Berani menikah, berani hamil, berarti berani menghadapi potensi kejadian apa saja yang akan terjadi ke depannya. Berharaplah yang terbaik namun bersiaplah untuk yang terburuk.

2. Dana

Sejak awal menikah sebaiknya kita bersama pasangan sudah memulai untuk mengumpulkan dana tabungan. Dana ini sebaiknya tidak digunakan untuk keperluan apapun karena pada waktunya, pada saat kita hamil, kita akan membutuhkan dana tersebut untuk berbagai keperluan. Mulai dari alokasi check up dokter yang harus diulang setidaknya dua bulan sekali, hingga alokasi operasi yang harus dipersiapkan baik untuk operasi yang diperkirakan maupun operasi yang tidak dapat diperkirakan (operasi insidentil). Alokasi ini juga termasuk alokasi keperluan awal anak saat baru lahir nantinya. Beruntung bila ada tradisi meminjamkan peralatan di keluarga, maka alokasi ini bisa diperkecil angkanya, namun bila tidak maka alokasi ini akan memakan cukup banyak dana.

3.  Persiapan kendaraan

Bila memiliki kendaraan yang nyaman untuk perjalanan cukup jauh dalam kondisi hamil, persiapkanlah kesehatan kendaraan dan kepastian driver utama dan cadangan, setidaknya untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

4. Persiapan Tas Rumah Sakit

Tas rumah sakit yang kita bawa maksudnya adalah peralatan yang telah kita persiapkan sebelum maupun seelah ada keputusan operasi caesar. Tas Rumah Sakit ini harus dipisahkan antara yang berisikan peralatan milik kita (Ibu hamil), milik pasangan/pendamping melahirkan, dan milik bayi.

Berikut ini adalah list peralatan di dalam tas Ibu Hamil
 

No.

Peralatan

Jumlah

1.

Baju Tidur (bila tidak ada baju wajib rumah sakit)

5 pasang

2.

Kaus Kaki

2 pasang

3.

Jaket/cardigan

1 pasang

4.

Pakaian dalam

6 pasang

5.

Toiletries

1 set

6.

Krim wajah/pembersih wajah/lipbalm

1 botol

7.

Aromatheraphy/minyak kayu putih

1 botol

8.

Kain panjang/kain batik

4 buah

9.

Jilbab

2 buah

10.

Handuk

1 buah

11.

Bantal kecil

1 buah


List perlengkapan bayi





Komentar